Bagi rekan sejawat, saya poskan contoh RPP SMK kelas X kurikulum 2013. RPP ini hanya sebagai referensi rekan-rekan dalam membuat RPP. Semoga membantu :)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Semester 1
Alokasi waktu
: 5 x Pertemuan
(10 Jam Pelajaran)
Tema : Gemar Meneroka Alam Semesta
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memaham, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
A. Kompetensi
Dasar
1.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan hasil observasi
3.3 Menganalisis teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi, baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi
laporan hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
menggunakan bahasa Indonesia secara santun
2.
Membuat
laporan hasil observasi dari struktur isi dan fitur bahasa dengan meringkas isi
teks laporan menggunakan bahasa yang santun
3.
Menata
struktur teks laporan hasil observasi dengan bahasa yang santun
4.
Menanggapi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah bahasa melalui lisan maupun
tulisan
C.Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi
laporan hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
menggunakan bahasa Indonesia secara santun
2.
Setelah
mengidentifikasi laporan hasil observasi, peserta didik dapat meringkas isi
teks laporan menggunakan bahasa yang santun
3.
Setelah
meringkas isi teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menata struktur
teks laporan observasi dengan bahasa yang santun
4.
Setelah
menata struktur teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menanggapi
isi teks laporan observasi berdasarkan kaidah bahasa melalui lisan maupun
tulisan
5.
Setelah
menanggapi isi teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menceritakan kembali teks hasil observasi
sesuai dengan struktur isi dan fitur bahasa menggunakan bahasa sendiri yang
santun
D. Materi
1. Contoh teks
laporan hasil observasi “Karbon”
2. Struktur
teks laporan hasil observasi
3. Teknik
meringkas isi teks laporan hasil observasi
4. Teknik
menata struktur teks laporan hasil observasi
5. Teknik
menanggapi teks laporan hasil observasi
6. Teknik
membuat teks laporan hasil observasi
E. Metode
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Curah pendapat, Diskusi, dan Penugasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
2.
Guru
menggali kembali pemahaman peserta didik tentang teks laporan hasil observasi
3.
Mengekspresikan
rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia setelah menggali kembali pemahaman
peserta didik tentang teks laporan hasil observasi
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5.
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
6.
Membentuk
kelompok
Inti (70
menit)
1.
Membaca
contoh teks laporan hasil observasi “Karbon” di buku ajar halaman 24
2.
Mendiskusikan
definisi karbon dan istilah teknis yang terdapat dalam teks “Karbon”
3.
Menjawab
pertanyaan di bawah teks berjudul “Karbon” halaman 26 – 27
4.
Menyampaikan
dan menjelaskan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas (Mengomunikasikan)
5.
Memberi
tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan, atau dukungan secara santun
(Mengasosiasikan)
6.
Penguatan
dari guru
Penutup (10
menit)
1. Membuat rangkuman kegiatan inti
2. Melakukan refleksi dengan mereviu
bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut
3.
Mencatat
informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu meringkas isi teks laporan
hasil observasi
4.
Mencatat
bahwa pada pertemuan kedua akan didiskusikan hasil temuan dari tiap siswa
5.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
2.
Tukar
pendapat tentang kesulitan-kesulitan yang dialami ketika mencari informasi
tentang “Karbon” dari sumber lain
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4.
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
5.
Membentuk
kelompok
Inti (70
menit)
1.
Menulis
ringkasan materi berdasarkan teknik
meringkas halaman 28
2.
Membandingkan
hasil ringkasan dengan kelompok lain
3.
Mendiskusikan
perbedaan hasil ringkasan antarkelompok
4.
Penguatan
dari guru
Penutup (10 menit)
1.
Membuat
rangkuman bersama dengan peserta didik
2.
Melakukan
refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses
pembelajaran
3.
Meminta para
peserta didik untuk mencari contoh teks laporan hasil observasi tentang
“Kekeringan”
4.
Memberitahukan
bahwa pada pertemuan berikutnya peserta didik diajak menata struktur teks
laporan “kekeringan”
5.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
2.
Tukar
pendapat tentang teks-teks laporan hasil observasi “Kekeringan” yang ditemukan
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4.
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
5.
Membentuk
kelompok
Inti (70 menit)
1.
Melengkapi
teks “kekeringan” di halaman 29
2.
Memeriksa
kembali hasil pekerjaan berdasarkan kesesuaian antara struktur teks laporan
3.
Mendiskusikan
hasil kerja kelompok
Penutup (10 menit)
1.
Membuat
rangkuman bersama dengan peserta didik
2.
Melakukan
refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses
pembelajaran
3.
Memberitahukan
bahwa pada pertemuan berikutnya peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
pada pertemuan sebelumnya
4.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Pertemuan Keempat
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
2.
Menyiapkan
hasil diskusi untuk dipresentasikan tentang pertemuan sebelumnya
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4.
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
Inti (70 menit)
1.
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang teks “Kekeringan”
2.
Tiap-tiap
kelompok menanggapi hasil presentasi kelompok lain
3.
Tiap-tiap
kelompok memperbaiki hasil diskusi berdasarkan masukan dari kelompok lain
4.
Penguatan
dari guru
Penutup (10 menit)
1.
Membuat
rangkuman bersama dengan peserta didik
2.
Melakukan
refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses
pembelajaran
3.
Memberitahukan
bahwa pada pertemuan berikutnya peserta didik membaca teks laporan “Komodo”
dari sumber lain
4.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
Pertemuan Kelima
Pendahuluan
(10 menit)
1.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
2.
Menggali
informasi tentang “Komodo” dari sumber lain
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
4.
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan
Inti (70 menit)
1.
Membaca teks
laporan berjudul “Komodo” halaman 30-31
2.
Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan laporan berjudul “Komodo” nomor 2 dan 3 di
halaman 31
3.
Mengisi
kolom urutan-urutan dalam teks laporan berjudul “Komodo” sehingga menjadi teks
laporan yang benar di halaman 31-32
4.
Membuat
ringkasan teks laporan berjudul “Komodo”
5.
Menceritakan
kembali teks laporan berjudul “Komodo” yang sudah disusun dengan bahasa sendiri
6.
Penguatan
dari guru
Penutup (10 menit)
1.
Membuat
rangkuman bersama dengan peserta didik
2.
Melakukan
refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses
pembelajaran
3.
Memberitahukan
bahwa pada pertemuan berikutnya peserta didik mencari contoh teks laporan dari
berbagai sumber
4.
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
G. Media dan Sumber Belajar
Media
·
teks laporan
hasil observasi “Karbon”
·
teks laporan
hasil observasi “Kekeringan”
·
teks laporan
hasil observasi “Komodo”
·
berbagai
teks laporan hasil observasi dari buku,
koran, majalah,dan internet
Sumber belajar
·
Buku Teks
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. 2013. Jakarta: Kemendikbud
·
Kamus Besar
Bahasa IndonesiaI
H. Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan rubric
|
Tes tulis
|
Tes uraian, menjawab pertanyaan yang ada di buku
teks
|
Tes praktik
|
Mempresentasikan hasil diskusi
|
Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
|
·
Skor 3
jika memenuhi 3 kriteria
·
Skor 2
jika memenuhi 2 kriteria
·
Skor 1
jika memenuhi 1 kriteria
|
|||
2
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1
|
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa
Indonesia
|
·
Menunjukkan
ekspresi atau ungkapan senang, kagum
·
Menunjukkan
sikap yakin dan bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
·
Selalu
menggunakan bahasa Indonesia secara tertib
|
2.
|
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
|
·
Kalimat
yang digunakan komunikatif
·
Diksi yang
digunakan dalam diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, saya
harap, menurut pendapat saya, dsb
·
Sebelum
member tanggapan/ menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua
kelompok/ moderator
|
Tes Uraian
1.
Identifikasilah
definisi karbon dan istilah teknis yang terdapat dalam teks “Karbon”!
2.
Ringkaslah teks
laporan hasil observasi “Karbon”!
3. Tatalah teks laporan hasil observasi
“Kekeringan” sesuai dengan struktur teks yang baik!
Tes Praktik
1.
Berilah
tanggapan hasil presentasi diskusi kelompok lain dari teks hasil observasi
“Kekeringan”!
2.
Ceritakan
kembali teks laporan berjudul “Komodo” yang sudah disusun dengan bahasa
sendiri!
Rubrik Penilaian Kegiatan Siswa
Dalam Pelajaran Teks Laporan Hasil Observasi
Nama :…………………….
Judul :……………………. Tanggal:………………..
Skor
|
Kriteria
|
Komentar
|
|
ISI
|
27-30
|
Sangat baik-sempurna:
menguasai topik tulisan; substantif; pengembangan pernyataan umum atau
klasifikasi^anggota/ aspek yang dilaporkan secara lengkap; relevan dengan
topik yang dibahas
|
|
22 - 26
|
Cukup-baik: cukup
menguasai permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan
dengan topik, tetapi kurang terperinci
|
||
17-21
|
Sedang-cukup:
penguasaan permasalahan terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak
memadai
|
||
13-16
|
Sangat kurang-kurang: tidak
menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak
dinilai
|
||
STRUKTUR
TEKS
|
18-20
|
Sangat baik-sempurna: ekspresi
lancar; gagasan terungkap padat dengan jelas; tertata dengan baik; urutan
logis (pernyataan umum atau klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan); kohesif
|
|
14-17
|
Cukup-baik: kurang
lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung
terbatas; logis; tetapi tidak lengkap
|
||
10-13
|
Sedang-cukup: tidak
lancar, gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang
logis
|
||
7-9
|
Sangat kurang-kurang: tidak
komunikatif; tidak terorganisasi; tidak dapat dinilai
|
||
KOSAKATA
|
18-20
|
Sangat baik-sempurna:
penguasaan kata canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai
pembentukan kata; penggunaan register tepat
|
|
14-17
|
Cukup-baik:
penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ ungkapan
kadang-kadang salah, tetapi tidak mengganggu
|
||
10-13
|
Sedang-cukup:
penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan dan
penggunaan kosakata/ ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
||
7-9
|
Sangat kurang-kurang:
pengetahuan tentang kosakata, unngkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak
layak dinilai
|
||
KALIMAT
|
18-20
|
Sangat baik-sempurna:
konstruksi kompleks dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan
bahasa (urutan/ fungsi kata, artikel pronomina, preposisi)
|
|
14-17
|
Cukup-baik:
konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada
konstruksi kompleks; terjadi sejumlah kesalahan penggunaan bahasa (urutan/
fungsi kata, artikel pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas
|
||
10-13
|
Sedang-cukup: terjadi
kesalahan serius dalam konstruksi kalimat tunggal/ kompleks (sering terjadi
kesalahan pada kalimat negasi, urutan/ fungsi kata, artikel, pronominal,
kalimat fragmen, pelepasan; makna membingungkan atau kabur)
|
||
7-9
|
Sangat kurang-kurang: tidak
menguasai tata kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak
layak dinilai
|
||
MEKANIK
|
9-10
|
Sangat baik-sempurna:
menguasai aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital dan penataan paragraph
|
|
7-8
|
Cukup-baik:
kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital,
dan penataan paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
||
4-6
|
Sedang-cukup: sering terjadi
kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf;
tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
||
1-3
|
Sangat kurang-kurang: tidak
menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan
huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak
dinilai
|
KOMENTAR:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………..………………………...………………………………………………………………………………
|
JUMLAH:
PENILAI:
|
Mengetahui, Sukabumi, Juli 2016
WKS 1, Guru
Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar