Halo...Edisi repost ulang nih rekan, kemaren sempet kehapus KIKD nya, sesuai request saya post ulang ya mudah-mudahan bermanfaat.. maaf kalo font nya agak berantakan ga sempet edit ulang 😁😁😁
Kelas X
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
.Isi pokok laporan hasil
observasi:
· pernyataan
umum;
· hal
yang dilaporkan;
· deskripsi
bagian;
· deskripsi
manfaat; dan
· maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
· Menentukan
isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi.
· Menafsirkan
teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi
teks laporan hasil observasi.
· Mempresentasikan
dan menanggapi teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan
hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal
dua teks laporan hasil observasi
|
Isi
pokok teks laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat;
·
kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
|
· Mengidentifikasi isi,struktur, dan
ciri kebahasaan.
· isi, ciri kebahasaandalam teks
laporan hasil observasi.
· Menyusun kembali teks laporan hasil
observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan
merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun.
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
|
||
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
. pernyataan
tesis;
. argumen;
. pernyataan
ulang; dan
. kebahasaan.
|
· Menggalistruktur,
isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan
dalam teks eksposisi yang didengar danatau dibaca.
· Menyusun
teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,me-ngomentari,
dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan /
tulis.
|
||
3.4 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi.
|
. Struktur teks eksposisi:
. pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
. argumen
(data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
. pernyataan
ulang.*
· Kebahasaan:
o kalimat nominal dan
o kalimat verbal
(aktif transitif dan aktif intransitif)
· Pola penalaran:
o deduksi dan
o induksi
|
· Menggali
strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
· Menyusun
kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi
dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
||
3.5 Mengevaluasi teks
anekdot dari aspek makna tersirat.
|
· Isi
teks anekdot:
o peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
· Unsur anekdot:
o peritiwa/tokoh yang
perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
· Menilai
isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
· Menyusun
kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam
teks anekdot yang dibaca
· Mempresentasikan,
mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
|
4.5 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
||
3.6 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
|
· Isi
anekdot
· Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik.
· Sindiran.
· Unsur humor.
· Kata dan Frasa
idiomatis
|
· Mengidentifikasi
struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
· Menyusun
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai
dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun
tulis.
|
· Karakeristik hikayat.
· Isi
hikayat.
· Nilai-nilai
dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
· Mendata
pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Menyusunteks
eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita
rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
· Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
· Gaya
bahasa.
· Kata
arkais (kuno).
|
· Menjelaskan
persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
· Menyusun
kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
· Mempresesntasikan,
menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat
(hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
||
3.9 Menyebutkan butir-butir penting
dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
· Ikhtisar
|
· Laporan
Hasil Membaca Buku
· Melaporkan
isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisiikhtisaryang dilaporkan.
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
||
3.10 Mengevaluasi pengajuan,
penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
Isi teks negosiasi:
· permasalahan;
· pengajuan;
· penawaran;
· persetujuan/
kesepakatan yang tercapai.
|
· Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan,
penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
· Mengungkapkan
cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
· Memberikan
tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan
kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan
kalimat).
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
|
||
3.11 Menganalisis isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan
kebahasaan teks negosiasi.
|
Struktur teks negosiasi:
§ orientasi dan
§ permasalahan(pengajuan, penawaran, dan
persetujuan).
· Kebahasaan
§ pasangan tuturan dalam teks negosisi dan
§ bahasa yang santun.
|
· Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan,
penawaran, dan persetujuan),
· Menentukan
cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
· Menyusun
teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan aspek kebahasaan.
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisiteks negosiasi yang telah disusun.
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi
dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
||
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat.
|
Debat:
§ esensi debat;
§ mosi (permasalahan yang didebatkan);
§ argumen untuk menguatkan pendapat sesuai
dengan sudut pandang yang diambil; dan
§ tanggapan (mendukung dan menolak pendapat
disertai argumen).
|
· Mengidentifikasipermasalahan, sudut pandang, argumen,
pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang
menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
· Melaksanakan
debat.
· Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat
secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
||
3.13 Menganalisis isi debat
(permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
|
Isi debat:
§ mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
§ pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
§ argumenasi untuk mendukung sikap.
· Pihak-pihak
pelaksana debat:
§ pihak yang mengajukan mosi/topik
permasalahan yang diperdebat-kan;
§ tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
§ tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
§ pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata
tertib)’
|
· Mengidentifikasi
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan).
· Memberikan
tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
· Melaksanakan
debat.
· Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu
dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
||
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani
dari teks biografi
|
o Pola penyajian cerita ulang (biografi).
o Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
|
· Mengidentifikasiperistiwa (antara lain:
perjalananpendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
· Menyampaikan
kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam
dalam teks biografi
· Memberikan
komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok
lain.
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi
yang dibaca secara tertulis.
|
||
3.15 Menganalisis aspek
makna dan kebahasaan dalam teks
biografi.
|
Unsur-unsur biografi:
§ orientasi: (identitas singkat tokoh);
§ rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan
§ Reorientasi :
· Kebahasaan
biografi:
§ pronominal;
§ pengacu dan yang diacu; dan
o konjungsi.
|
· Mendata
pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
· Menulis
teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain:
perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
· Memberikan
tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
4.15 Menyusun teks
biografi tokoh
|
||
3.16 Mengidentifikasi
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi
puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
Puisi:
(semua jenis puisi)
§ isi;
§ tema;
§ makna;
§ amanat; dan
§ suasana.
|
· Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar
dan atau dibaca.
· Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan
tekanan tempo).
|
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
||
3.17 Menganalisis unsur
pembangun puisi.
|
Unsur-unsur pembangun puisi
§ diksi;
§ imaji;
§ kata konkret;
§ gaya bahasa;
§ rima/irama;
§ tipografi;
§ tema/makna (sense);
§ rasa (feeling);
§ nada (tone);dan
·
amanat/tujuan/maksud (itention).
|
· Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi,
kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
· Menulis
puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada
(tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
|
4.17 Menulis puisi dengan
memerhatikan unsur pembangunnya.
|
||
3.18 Menganalisis isi
dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
Resensi buku.
|
· Membuat
Resensi Buku yang Dibaca
· Menganalisis
kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
· Menyusun
resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
· Mempresentasikan
dan menanggapiresensi yang ditulis
|
4.18 Mereplikasi isi buku ilmiah
yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar